Tiny Bunny

[Review - Game] Harvest Moon: Seeds of Memories for iOS (Indonesia)


     Hallooo. Kali ini aku mau review sebuah game yang udah nggak asing lagi buat para gamers ataupun non-gamers. HARVEST MOON: Seeds of Memories!

     Akhirnya Natsume merilis game ini untuk iOS sodara-sodara (Andro belom, sabar ya). Sebenernya udah tau lama kalau game ini bakal dirilis tahun 2016, tapi nggak tau tepatnya kapan. Dan pagi-pagi buka timeline twitter ada tweet dari @MakeMac, kalau game garapan Natsume ini sudah rilis! Langsung aja buka AppStore dan ternyata saldo giftcard tinggal Rp 20.000 -_- Harapan download pagi-pagi pun hancur.
Game ini minimal untuk iPhone 5s, iPad Air 1, iPad mini, iPod Touch 6, dan semua device diatasnya. Tapi kabarnya ada user iPhone 4S yang bisa memainkan, tapi agak lagging dan kadang crash.
    Setelah isi giftcard karena nggak punya CC, siangnya aku langsung download Harvest Moon: Seeds of Memories ini. Langsung intip yuk~

Ini penampakan Harvest Moon: Seeds of Memory di AppStore
-- Ini opening gamenya, terus nanti pilih new game atau load --

     Dari openingnya, keliatan fokus ke 1 karakter cowok dan 1 karakter cewek. Bukan, mereka nggak pacaran. Jangan baper dulu. Jadi mereka itu adalah karakter di dalam game Harvest Moon: Seeds of Memories ini. Ini preview saat pemilihan karakter, ngasih nama karakter dan tanggal lahir.

karakter cowok dan cewek.
     Seperti game Harvest Moon yang sebelum-sebelumnya, di awal permainan kalian bakal ketemu sama kurcaci kuning dan dia ngajarin gimana cara untuk bertani dan juga bersosialisasi di Desa Chestnut. Ya, nama desanya adalah Chestnut. Ada 3 kurcaci berwarna kuning, pink, dan ungu yang akan jadi teman pertama kalian di game ini. Lalu salah satu dari mereka akan mengajak kamu ke tempat Harvest Goddess, karakter paling mainstream di dalam game Harvest Moon. Hahaha

-- Harvest Goddessnya penggemar T.O.P karena dia tau lagu Dum-Da-Da -_- --
      Desa di dalam game Harvest Moon: Seeds of Memories ini juga nggak terlalu besar. Tetapi, waktu di game berjalan sangat cepat. Kecuali bila berada di dalam ruangan, waktu akan terhenti. Oiya, dan nggak ada peta. Jadi telusuri desa ini sendiri.
    Kalian juga harus ingat setiap ucapan para penduduk di awal-awal permainan. Mereka akan ngasih tau info jam berapa mereka buka tutup toko, dan jadwal libur tokonya. Ada baiknya kalo niat ya dicatet, aku begitu soalnya. Kalau ulang tahun dan kesukaan mereka, kalian bisa lihat lewat menu yang ada di rak buku di dalam rumah.

-- Ini mungkin balai kota atau nama bekennya di Harvest Moon, townhall. --
     Di game Harvest Moon: Seed of Memories ini, aku rasa memang dibuat lebih simple. Karena kita bermain di smarthphone atau tablet, yang nggak mungkin fokus lama banget di dalemnya. Jadi untuk tools seperti cangkul, sabit, penyiram, dan sebagainya itu akan otomatis terganti sesuai objek yang kita tuju. Dengan merubah dari mode "talk" ke mode "tools" (ada di pojok kiri bawah layar) kita langsung bisa memakai tools yang ada ke objek terdekat dari karakter.

-- Cara merubah dari mode berbicara ke mode peralatan. --
     Rata-rata hal yang bisa kita dikerjakan di game Harvest Moon: Seeds of Memories ini, hampir sama dengan game-game Harvest Moon sebelumnya. Bercocok tanam, ngurus hewan ternak, mancing, nambang, nebang pohon buat dapet lumber, nongkrong di hot spring, ngobrol, ngegebet penduduk *penting* dll.
    Ada 10 karakter penduduk jomblo di sini, 5 cowok dan 5 cewek. Dan kelimanya cowok-cewek ini saling "friendzone", maka sebelum mereka jadian mari kita sikat *ketawa setan*.

-- Mancing dulu guys --
-- Berendam-berendam cantik di Hot Spring. --
-- Ini di tambang bawa tanah. Di dalam goa. --

     Yang aku kurang suka, dari awal game kita udah bisa ngelakuin semua hal itu. Jadi kurang ada tantangannya dan terkesan dipermudah. Walaupun semua kegiatan bisa dimulai sejak awal di game Harvest Moon: Seeds of Memories ini, tapi tetap ada "misi" yang harus kita selesaiin. Ada 150 "memories" yang harus ditemukan. Kamu bisa lihat memories itu lewat "Setting > memories" atau di rak buku dalam rumah.

-- Ini "memories" yang harus ditemukan oleh pemain. --
    Overall, game Harvest Moon: Seeds of Memories sangat menyenangkan untuk penggemar sejati Harvest Moon. Harga di AppStore Indonesia, Rp 149.000. Mahal? Iya, kalau aku bilang ini termasuk mahal. BUT, ini tipe game yang sekali beli guys. Jadi nggak ada tuh beli coin, ruby, diamond atau apalah di dalemnya. Beli sekali seharga Rp 149.000, lalu main sampe puas. Dan, community manager dari Natsume bilang kalau:
No continual internet connection will be required to play.
Satu kata, BAHAGIA! Soalnya kalau main game L*NE Bubble bete banget harus pake koneksi internet. *halah*

--------------------------------------------------------------------------------

()
Bisa memilih gender.
Banyak misi yang dijalankan.
Bisa main tanpa koneksi internet.

()
Harga mahal.
Semua kegiatan bisa dilakukan di awal game.
Saved game hanya bisa di internal smartphone.

Price
Rp 149.000 / $ 9.99

Score 
8.5/10

--------------------------------------------------------------------------------
     So, ini reviewku tentang Harvest Moon: Seeds of Memories. Untuk kalian pecinta game ini, dan rela merogoh kocek agak banyak, game ini layak dibeli untuk hiburan. Bisa buat nemenin pas lagi kurang sinyal atau kurang kerjaan. Hahaha

Thank you for reading. Hope this review will help you. *xoxo*


Instagram: @TheKrippsJogja
Twitter: @Deacloudia

12 comments:

  1. Seru emang gamenya mba, tapi sayang grafis belum 3D dan gameplaynya monoton gitu

    Salam kenal mba Claudia
    -jejeblog.net-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Jefry! ◠‿◠

      Iya, masih 2D dan monoton. Tapi untuk seorang pecinta Harvest Moon kayak aku, aku udah seneng banget game ini bisa ada di iOS. Tinggal nunggu yang buat pc sama Mac nya deh. Semoga lebih bagus grafik dan gameplaynya. Hahaha

      Terima kasih sudah mampir ya. Salam kenal! :D

      Delete
  2. kak, ada jadwal toko buka nya ngga? post dong :( aku ke skip jadwal toko toko nya :( makasih kaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Anon! ◠‿◠

      Aku kasih tau yang aku tau aja yah ini, maaf kalau ada yang kurang…

      * Restaurant (Hanna):
      Open Hours : 10 AM - 8 PM
      Close Day : Mondays and Fridays

      * Flower Shop (Iris):
      Open Hours : 10 AM - 6 PM
      Close Day : Saturdays and Mondays

      * Sam Shop (Sam):
      Open Hours : 10 AM - 6 PM
      Close Day : —

      * Animal Shop (Hunter):
      Open Hours : 10 AM - 6 PM
      Close Day : Tuesdays and Saturdays

      * Carpenter (Brutus):
      Open Hours : 10 AM - 6 PM
      Close Day : Sunday and Monday


      Terima kasih sudah mampir ya. Salam kenal! :D

      Delete
  3. Kak tau makanan favorit nya kurcaci kurcaci sama si sam gak??? Kalo tau mohon bantuan info nya kak:) makasih sebelum nyaaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Dobby Kusuma! ◠‿◠

      Sejujurnya habis review game ini, aku belum sempet ngulik seluk-beluk game ini lagi karena kesibukan di RL. Hehe. Jadi untuk pertanyaan ini, aku juga belum tau jawabannya. Hiks. Maaf yaaa T_T

      Terima kasih sudah mampir ya. Salam kenal! :D

      Delete
  4. Loch aque juga bisa maen kugh kak pake amartphone ku.. Kebetulan hanya merk lenovo.. Tapi tampilanya udach 3d.. Cumha mainya ada server pendukungnya.. Namae EPSXE.. abiz tu download harveatmoonya truss dmainin didalam server itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Trissya Alfin! ◠‿◠

      Ini aku ngebahas untuk device iOS. Di Android sepertinya sekarang juga sudah bisa ya? Selamat bermain! ;)

      Terima kasih sudah mampir ya. Salam kenal! :D

      Delete
  5. Nice review kak! Game yg bagus buat ngungkapin nostalgia zaman SD ttg sesepuhnya si Back To Nature lol. Salam kenal btw.

    ReplyDelete
  6. Ini game yang childhood banget, dulu pas pulang sekolah suka main game ini sampe lupa waktu.

    ReplyDelete
  7. Kalau udah main harvest moon biasanya lupa waktu banget saking asiknya, btw terima kasih ya Mba saya baru tau udah ada ternyata skrg Harvest Moon yg for iOS jarang ngecek playstore hehe

    ReplyDelete

 

#TheKRIPPSJogja Slideshow

My Tweets!

THEKRIPPSJOGJA SLIDESHOW